Perekonomian Desa wonoketingal

Kesejahteraan dan Perekonomian Desa wonoketingal

terletak pada jalur utama pantura kudus - demak. Disebelah selatan adalah desa wonosari di sebelah utara setelah terbentang sawah , dibatasi desa bandung rejo, pada sebelah timurnya setelah pom bensin wonoketingal adalah dukuh wonorenggo yang saat ini masih belum mempunyai kepala desa sendiri dan masih menginduk satu kepala desa dengan desa cangkring rembang ,  sementara untuk sebelah barat dibatasi dengan desa ngaluran. Desa ngaluran terdiri dari dua desa, yaitu desa ngaluran dan dukuh kalitekuk. Wonoketingal sendiri terdiri dari dua dukuh satu kepala desa. Yaitu wonoketingal dan gajah lor.


Kesejahteraan dan Perekonomian :


Mayoritas perekonomian Warga Desa Wonoketingal ditopang dengan mata pencaharian bertani, buruh pabrik dan buruh bangunan atau pekerja (proyek). Ada juga sebagian lainnya ditopang dengan mata pencaharian perdagagangan Atau Bisni Online, jasa transportasi barang (ekspedisi) bongkar muat yang saat ini di pimpin oleh bapak ngadimin, terdapat juga yang berprofesi sebagai Bengkel Elektronik bengkel motor atau mobil dan Penjahit. Tidak sediki pula sebagian para pemuda ataupun pemudi  saat ini memilih untuk merantau atau mengadu nasib di negeri orang. Misalnya ke negara Malaysia ataupun ke singapura. Dan masih banyak juga Yang merantau ke Sumatra Kalimantan Sulawesi dan Kota kota Besar lainya




Kepemilikan Aset :

Pada saat ini masih ada sebagian kecil Penduduk Wonoketingal yang dirasa masih kurang mampu. Tapi banyak juga yang merasakan kesejahteraan sangat baik. Kenapa? Karena tidak sedikit bahkan per kepala keluarga, sekarang sudah memiliki minimal 2 motor, bahkan sudah banyak yang sudah memiliki kendaraan berupa mobil, dan sebagian besar sudah mempunyai aset Tanah Garapan (sawah) yang dikelola. Itupun sudah hak milih sendiri.




Pendidikan :

Berbanggalah wahai para pemuda pemudi desa wonoketingal . Biarpun masih berstatus desa, tapi saat ini sudah memiliki tempat pendidikan yang lengkap dan memadai. Salah satunya adalah sekolah dasar negeri wonoketingal 1, madrasah ibtidaiyyah negeri nahdlotussibyan, ada juga 3 taman kanak - kanak, 3 taman pendidikan alquran, 2 madrasah diniyah, 1 mts.ns (madrasah tsanawiyah nahdlotussibyan) yang setara smp. Dan sekarang sudah ada satu lagi madrasah aliyah. Ns (madrasah aliyah nahdlotussibyan). Ada  juga yayasan pendidikan lainya . Baru baru ini juga bermunculan paud (pendidikan anak usia dini)  bahkan madrasah ibtidaiyah yang ada di desa wonoketingal ini sudah bersatatus madrasah ibtidaiyah negeri terbaik di kabupaten demak.

Pasokan Air bersih :


Air bersih yang kerap kali menjadi masalah terutama pada musim kemarau agaknya tidak bergitu terasa di desa wonoketingal. Seperti dari sumur, sungai, sudah banyak sumber air bersih yang mudah dicari, seperti saat ini beberapa tahun yang lalu sudah berdiri 3 sumur pamsimas – air bersih bantuan dari pemerintan meskipun air yang dihasilkan dari sumur ini sudah bersih dan tawar. Tapi untuk pasokan air minum sementara masih mengandalkan air drigen yang diambil dari kecamatan dengan membeli per derigen rp 2.500,-. Biasanya untuk mandi dan mencuci penduduk desa masih memanfaatkan air  pam , sumur dan sungai, hal ini disebabkan air yang bersumber dari sumur pam desa masih berasa payau atau asin, memiliki kandungan garam yang tinggi.

0 komentar

Posting Komentar