Bertani

Bertani atau Menggarap Sawah. adalah Salah satu Mata Pencaharian atau Hasil Perekonomian paling banyak di Desa Wonoketingal . Hampir 90%  Semua Warga didesa ini memenuhi kebutuhannya dengan Bertani atau bercocok Tanam.  biarpun saat ini sudah banyak yang memilih untuk mencari Mata pencaharian yang lainya. misalnya Berdagang ,  Wiraswasta ,  Sebagai Buruh Pabrik , Usaha kecil kecilan dan lain lain . Tapi Bertani masih menduduki Peringkat Nomor satu sebagai mata Pencaharian yang tetap.

Sawah Desa Wonoketingal

Pada umumnya sawah di Desa Wonoketingal mendapatkan perairan dari Air irigasi Yang berasal dari waduk Kedung Ombo dan Menunggu musim penghujan , sawah paling banyak membutuhkan air pada saat proses penanaman padi. Sawah di Wonoketingal termasuk lahan yang sangat subur dan produktif. Tapi perawatan sawah tidaklah mudah, karena membutuhkan biaya perawatan yang cukup besar untuk terbebas dari hama seperti Wereng / tikus perusak tanaman atau gulma, Para petani didesa ini yang menggarap sawah juga diharapkan mampu mengetahui waktu yang cocok dan bagaimana cara memanfaatkan sawah untuk Hasil panen yang melimpah dan lebih banyak.

Banyak Sekali para Penduduk di Wonoketingal bisa Menyekolahkan Anaknya sampai perguruan Tinggi cuma dengan Bertani atau bercocok tanam di Sawah. 

Baca : Pendidikan MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal

Sawah disini Merupakan Investasi yang sangat Berharga buat Anak cucu. Banyak sawah banyak Rizqi. ini sangat benar, karena Harga Sawah di daerah sini tidaklah Murah, bahkan tergolong sangat Mahal. Harga Tanah Sawah 1 Hektar bisa mencapai Rp. 600.000.000 (Enam Ratus juta Rupiah) lebih. bahkan ada yang sampai Rp. 1.000.000.000 (Satu Milyard) sangat fantastis Bukan?

Baca : Perekonomian Desa Wonoketingal

Ada dua Periode atau Musim bercocok tanam didaerah ini. Yaitu Musim KEMARAU dan Musim PENGHUJAN. Pada saat musim Kemarau, petani bersiap siap untuk menanam palawija . seperti Kacang Hijau ,  Kedelai , semangka , jagung dan lain lain. Jika tiba saatnya mendekati  Musim Penghujan semua warga Bersiap siap untuk mengolah Lahan untuk di tanami Bawang merah sambil menunggu musim Penghujan  datang. jadi sebelum menanam Padi. Para petani menyempatkan diri untuk Melanjutkan setengah Periode menjelang masuk masa tanam padi dengan melanjutkan Menanam Bawang merah. 

0 komentar

Posting Komentar